Tinjau Dua Tempat Pelaksanaan Vaksin Covid-19, Wabup Ingatkan Tetap Jaga Prokes Covid-19 Meski Telah di Vaksin

Sidoarjo- Pemkab Sidoarjo terus bergerak melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Selain terjun langsung kesetiap desa, Dinas Kesehatan Sidoarjo juga melakukan vaksinasi kesetiap lembaga. Salah satunya yang dilakukan di Pondok Pesantren Al Barokah Sedati Gedangan, Sabtu,(17/7). Pada pelaksanaan vaksinasi pagi tadi di tinjau langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH.

Dalam kesempatan tersebut Wabup H. Subandi tidak henti-hentinya berpesan kepada masyarakat yang akan divaksin untuk tetap mematuhi Prokes Covid-19 meski telah divaksin. Begitu pula pesan yang disampaikan saat meninjau vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Sidoarjo bersama Pasmar 2 Gedangan Sidoarjo di kantor Desa Pabean Sedati.

“Tetap patuhi protokol kesehatan ya, tetap memakai masker, jangan lupa mencuci tangan pakai sabun serta jaga jarak dan jauhi kerumunan dan batasi mobilitas,”pesannya kepada masyarakat yang menunggu giliran untuk divaksin.

Dalam vaksinasi Covid-19 tahap dua di Ponpes Al Barokah tersebut ditargetkan 300 orang yang akan mendapatkan vaksin Sinovak. Selain kepada santri, vaksinasi juga dilakukan kepada masyarakat sekitar. Vaksinator dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Ganting dan Puskesmas Gedangan.

Wabup H. Subandi mengatakan vaksinasi Covid-19 dilakukan disetiap desa. Disetiap Puskesmas juga melakukannya. Dengan gencarnya vaksinasi yang dilakukan, Wabup berharap pandemi Covid-19 akan segera selesai. Dikatakannya kasus Covid-19 dengan virus varian baru di Kabupaten Sidoarjo sangat tinggi. Oleh karenanya diharapkan dengan vaksinasi seperti ini akan terbentuk kekebalan tubuh yang meningkat.

“Dengan adanya vaksinasi ini masyarakat tidak cemas lagi (pandemi Covid),”ucapnya.

Wabup H. Subandi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu terlaksananya vaksinasi. Seperti yang dilakukan bersama Pasmar 2 Gedangan. Dikatakannya vaksinasi terus dilakukan. Dalam waktu dekat, vaksinasi massal akan dilakukan di GOR Sidoarjo. Dengan gencarnya vaksinasi yang dilakukan, Wabup berharap 40-50 persen warga Sidoarjo akan segera mendapatkan vaksin.

“Inshaalloh dalam waktu dekat ini minimal sudah tercover 40 persen sampai 50 persen seperti yang diperintahkan pak menteri atau pak presiden,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu Danmenbanpur 2 Marinir Kolonel Marinir Hadi Santoso mengatakan pekan serbuan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pasmar 2 Gedangan bersama Dinas Kesehatan Sidoarjo untuk mensukseskan program 1 juta vaksin sehari dari presiden RI. Di Desa Pabean adalah kali kedua vaksinasi
dilakukan kepada seribu orang. Merk vaksin yang digunakan masih sama yakni vaksin Sinovak. Diharapkannya juga dengan vaksinasi yang dilakukannya akan terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Diharapkan dengan terbentuknya kekebalan kelompok akan menghentikan pandemi ini,”harapnya.

Kolonel Marinir Hadi Santoso mengatakan ada sekitar 72 personil yang diterjunkan dalam kegiatan vaksinasi kali ini. Selain dari batalyon kesehatan 2 marinir juga dibantu oleh anggota batalyon Pasmar 2 lainnya. Dikatakannya pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara bergelombang untuk menghindari kerumunan. Masyarakat diberikan diberikan waktu kapan harus datang ketempat vaksinasi.

“Dari desa sudah membagi, masing-masing RW sudah ditentukan jamnya sehingga tidak berkerumun disini,”ucapnya. (GUS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *