Pilkades Serentak Sidoarjo Sudah Sesuai Instruksi Kemendagri Tiap TPS Maksimal 500 Pemilih dan Penerapan Prokes Ketat

Sidoarjo – Pemilihan Kepala Desa/Pilkades di Kabupaten Sidoarjo digelar hari ini, Minggu, (20/12). Terdapat 173 desa di Kabupaten Sidoarjo yang melaksanakan Pilkades serentak tahun ini. Salah satunya desa yang menjadi tempat tinggal Pj. Bupati Sidoarjo Dr. Hudiyono M.Si, Desa Kalitengah Kecamatan Tanggulangin. Sekitar pukul 11, Hudiyono bersama istrinya memanfaatkan hak pilihnya untuk mencoblos di TPS 01. Terdapat 18 TPS di Desa Kalitengah.

Pelaksanaan pilkades serentak di kabupaten Sidoarjo selain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat juga ada pembatasan tiap TPS maksimal 500 pemilih (DPT) sudah sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141/5483/BPD tertanggal 10 Desember 2020.

Usai mencoblos, Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono mengatakan pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Sidoarjo menerapkan Protokol Kesehatan/Prokes pencegahan penularan Covid-19. Teknis pelaksanaannya seperti yang diterapkan pada pelaksanaan Pilkada bupati dan wakil bupati Sidoarjo kemarin. Dari mewajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk TPS, pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun serta pemberian sarung tanggan plastik. Setelah itu pemilih diberikan surat suara untuk dapat mencoblos. Petugas pemungutan suara pun sebelumnya telah di rapid test .

Hudiyono mengatakan ada 1.384 TPS pada pelaksanaan Pilkades tahun ini. Jumlah tersebut disesuaikan dengan jumlah pemilih yang mengharuskan per TPS tidak lebih dari 500 pemilih. Hal tersebut sesuai dengan Permendagri tentang Pilkades. Pembatasan jumlah pemilih di tiap TPS sendiri untuk menghindari kerumunan.

“Di Sidoarjo ini TPS nya ada 1.384 TPS, dan ini kita pastikan Sidoarjo ini telah memenuhi kriteria satu TPS tidak lebih dari 500 pemilih,”ujarnya.

Pj. bupati Sidoarjo yang akrab dipangggil Cak Hud melihat SDM petugas TPS cukup cekatan. Terbukti dari waktu kedatangannya ke TPS sampai selesai mencoblos hanya beberapa menit saja dilakukan. Hal tersebut membuktikan bahwa petugas TPS paham betul teknis pelaksanaan Pilkades. Dan dirinya yakin petugas TPS kali ini pernah menjadi petugas yang sama seperti saat ini.

“Saya melihat dari sisi SDM sudah bagus karena rata-rata teman-teman petugas TPS ini pernah menangani Pilkada maupun Pilkades,”ucapnya.

Cak Hud berharap kepada Kades terpilih nantinya dapat memiliki konsep pendekatan pelayanan ke masyarakat. Menurutnya kuncinya adalah paham kebijakan, pemerintahan serta manajemen tata kelola pembangunan di Sidoarjo. Dirinya melihat kualitas SDM calon Kades saat ini sangat bagus. Terbukti 50 persen calon Kades yang ikut lulusan SMA sampai sarjana.

“Konsep pelayanan yang baik itu bagaimana kita melakukan pendekatan pelayanan ke masyarakat,”ujarnya.

Dalam TPS 01 tempat Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono mencoblos terdapat 499 jumlah pemilih. Rinciannya laki-laki 231 orang dan perempuan 268 orang. (GUS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *