Ribuan Pelajar SMP/MTs se Kabupaten Sidoarjo Istighosah Hadapi UN

SIDOARJO – Ujian Nasional/UN tingkat SMP/MTs digelar Senin besok tanggal 22 April 2019. Pagi tadi, ribuan pelajar SMP/MTs persiapkan mentalnya melalui istighosah bersama di Masjid Agung Sidoarjo, Kamis, (18/4). Istighosah dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Hikmatul Hikmah Jabon KH. Rofik Siraj. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum hadir dalam kegiatan tersebut.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan kepada seluruh pelajar untuk terus belajar dan berdoa. Waktu yang semakin dekat dengan UN diharapkannya dimanfaatkan pelajar dengan sebaik-baiknya. Selain belajar yang sungguh-sungguh juga diiringi doa. Agar waktu menghadapi UN nantinya mendapatkan kemudahan dari Allah SWT. Dirinya juga berdoa agar UN nantinya berjalan lancar. Selain itu H. Saiful Ilah juga berdoa agar siswa-siswa SMP/MTs se Kabupaten Sidoarjo lulus 100 persen.

“Belajarlah dan berdoalah supaya anak-anak lulus semua,”ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Drs, EC. Asrofi MM,MH mengatakan istighosah digelar sebagai persiapan diri siswa-siswi SMP/MTs Sidoarjo menghadapi UN. Ada sekitar 3 ribu pelajar SMP/MTs Sidoarjo yang ikut dalam istighosah kali ini. Asrofi menyebutkan tahun lalu prestasi UN di Kabupaten Sidoarjo meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut buah kesiapan anak-anak dalam menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) saat itu. Tahun ini UNBK kembali dilaksanakan. Dirinya berpesan agar pelaksanaan UNBK dilakukan dengan jujur oleh peserta ujian.

“Prestasi oke namun kejujuran yang paling penting, anak-anak belajar terus untuk menghadapi ujian,”pesannya.

Asrofi mengatakan persiapan UNBK SMP/MTs Sidoarjo sudah matang. Dari perangkat komputer sampai operatornya sudah dipersiapkan. Bahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN agar tidak ada gangguan pemadaman listrik saat UNBK berlangsung. Asrofi berharap nantinya pelaksanaan UNBK berjalan lancar sampai akhir.

“Perangkatnya sudah siap termasuk operatornya sudah dilatih, inshaalloh bisa lancar seperti tahun kemarin,”ucapnya.

Ketua PC IPNU Sidoarjo M. Abidul Mursyid mengatakan kegiatan istighosah digelar IPNU-IPPNU Sidoarjo bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo. Kegiatan seperti ini rutin diselenggarakan. Kurang lebih 294 lembaga pendidikan SMP/MTs di Kabupaten Sidoarjo yang ikut.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya terutama kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo yang telah mempercayakan acara pagi hari ini kepada IPNU-IPPNU Kabupaten Sidoarjo,”ucapnya. (GUS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *