RUWATAN DESA KALISOGO PAGELARAN WAYANG KULIT KI HASAN

SIDOARJO – Banyaknya tradisi di antera jagat apalagi dengan beraneka ragam suku dan budaya perlunya peran dari pemerintahan untuk melestarikannya.

Jumat,05/09/2018 kegiatan ruwatan desa Kalisogo kecamatan Jabon sebagai contoh pemerintahan desa ikut berpartisipasi melestarikan adat dan budaya yang ada di desa,dengan adanya pagelaran wayang kulit yang di tempatkan di depan baledesa kalisogo dengan tamu undangan Forpincam Jabon,Karangtaruna maupun Warga Kalisogo sendiri.

Sudah di pastikan Wargapun berantusias dalam acara kegiatan ruwatan desa dari mulai siang hari maupun malam dalam pagelaran wayang kulit dengan dalang KI HASAN YULIANTO.

Kegiatan tersebuat bertujuan melestarikan seni dan budaya dalam tradisi yang sebelum pagelaran wayang terlaksana tadi siangpun kita memotong tumpeng dan berziarah di punden desa ruwatan desa tak hanya lain meminta masyarakat semua di berikan sehat,berlimpah ruwah pertanian maupun pertambakannya dan semoga masyarakat kalisogo tanpa kecuali di mudahkan rezekinya,”Pungkas kades kalisogo (Fajar shodiq).

Pagelaran seni wayng kulit yang ada di kalisogo terpantau meriah dan sampai kegiatan selesai terpantau kondusif tanpa kendala.(Gus/Nik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *