Kembangkan KIM Kabupaten Sidoarjo, Diskominfo Lakukan Sosialisasi dan Pembinaan

SIDOARJO, Mengembangkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Sidoarjo agar semakin baik sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sidoarjo menggelar Sosialisasi dan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kabupaten Sidoarjo di Kantor Kecamatan Jabon (11/5).

Diskominfo hadir untuk ikut membangun dan mempertahankan kearifan lokal baik kepada seni, budaya, dan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakatnya. “Mari kita bangun melalui jalur komunikasi dan informasi dengan basis IT, apa saja potensi yang ada di Kecamatan Jabon khususnya” harap Kadin Kominfo Sidoarjo Drs. Siswoyo.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sidoarjo Evi Rupitasari S.H. menjelaskan bahwa pemerintah pusat mengamanatkan di setiap Kecamatan, Kota dan Kabupaten perlu dibentuk KIM yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antar anggota KIM dengan Pemerintah atau sebaliknya dan sebagai mitra dialog pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik. “Semoga setelah acara ini peserta termotivasi untuk membentuk KIM yang bermanfaat sebagai wadah di era saat ini untuk menemukan masalah dan mendiskusikan bersama” pintanya.

Dikesempatan yang sama Camat Jabon Agus Sujoko menyambut posititf adanya sosialisasi ini, Ia ingin nantinya KIM di Kecamatan Jabon bisa hidup, karena KIM ini nantinya juga bisa sebagai sarana untuk mengenalkan potensi di daerah Jabon, Kesempatan inilah diharapkan mampu mengangkat Jabon menjadi lebih sukses dan lebih bersinar.

Sebanyak 50 peserta dari unsur Ketua dan kader infomasi masyarakat se-Kab Sidoarjo, dan perwakilan KIM yang sudah terbentuk hadir pada sosialisasi ini. Diskominfo Sidoarjo menghadirkan pemateri dari Diskominfo Prov. Jatim Ambar Sulistyorini yang juga merupakan Kepala Bidang Komunikasi Publik.

Ia menjelaskan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan revitalisasi dan reaktualisasi dari kelompencapir yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintah dewasa ini, dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan good governance. KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat selain itu menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan serta penyerapan aspirasi. Masyarakat membentuk kelompok untuk mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayaan informasi.

Pada acara itu, pemateri juga menjelaskan kepada peserta bagaimana memulai KIM dengan belajar menulis di media online atau blog, selain itu dijelaskan juga tentang pentingnya memfilter informasi Hoax yang semakin marak dimasyarakat akhir-akhir ini.(gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *